Fadhilah dan Keutamaan Sholat Tarawih pada Malam Ketiga

By Didin El-Zie 04 Apr 2022, 17:00:16 WIB Kajian Ramadhan
Fadhilah dan Keutamaan Sholat Tarawih pada Malam Ketiga

MIFTAHULIHSAN.SCH.ID-Fadhilah Sholat Tarawih Malam Ketiga-Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat islam, bulan yang penuh berkah, penuh hikmah dan penuh ampunan. Pada bulan Ramadhan ibadah yang dijalankan umat muslim akan dilipatgandakan pahalanya.

 

Karena hal itulah umat Islam di seluruh penjuru dunia pada bulan Ramadhan berlomba-lomba melakukan kebajikan.

Baca Lainnya :

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan adalah salat Tarawih. Salat Tarawih hanya ada pada bulan Ramadhan saja.

Ritual yang dilakukan setelah shalat Isya ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar.  Syekh Taqiyuddin Al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menegaskan bahwa kesunnahan shalat tarawih merupakan kesepakatan seluruh ulama dari berbagai mazhab, tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyelisihi konsensus tersebut. Al-Hishni mengatakan: “Adapun shalat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang.


Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang” (Syekh Taqiyuddin al-Hishni, Kifayah al-Akhyar, hal. 89). Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan tarawih. Di antaranya hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Muslim dan lainnya:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

 

Ulama sepakat bahwa redaksi “qâma ramadlâna” di dalam hadits tersebut diarahkan pada shalat tarawih. Syekh Khatib al-Syarbini menegaskan “Ulama sepakat atas kesunnahan tarawih dan sesungguhnya tarawih adalah shalat yang dikehendaki dalam hadits Nabi, Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau. Hadits diriwayatkan al-Bukhari.

 

Adapun sabda Nabi “imanan”, maksudnya adalah membenarkan bahwa yang demikian itu haq seraya meyakini keutamaannya. Sabda Nabi “wahtisaban”, maksudnya ikhlas” (Syekh Khatib al-Syarbini, Mughni al-Muhtaj, juz 1, hal. 459). Ulama berbeda pendapat mengenai dosa yang diampuni dalam hadits tersebut, sebagaimana mereka juga ikhtilaf di dalam hadits-hadits sejenis.

 

Berikut ini sabda Rasulullah SAW tentang ganjaran bagi orang beribadah di bulan Ramadhan.

"Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan sunnah pada bulan ramadan, Maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan amalan fardhu pada  bulan lainnya.

Dan barangsiapa yang melakukan amalan satu amalan fardu di bulan Ramadan, maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan 70 amalan fardhu pada bulan lain."

Sementara fadhilah atau keutamaan pada pelaksanaan sholat tarawih malam ke tiga adalah sebagai berikut:

Seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat.”

وفى الليلة الثالثة ينادي ملك من تحت العرش استأنف العمل غفر الله ما تقدم من ذنبك

Pada Malam yang ke 3, Malaikat di bawah Arasy berseru, “Mulailah melakukan amal kebaikan (Sholat Tarawih) maka Allah Swt akan mengampuni dosamu”.

Itulah fadhilah pelaksanaan sholat tarawih malam ke tiga Ramadhan. Semoga bermanfaat.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


Kanan - Iklan Sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.